Thursday, January 21, 2016

Review Jurusan Biologi FMIPA UI

Kalo kita ngomongin biologi, pasti yang langsung muncul di pikiran kita tuh binatang, tumbuhan, ngafalin nama spesies, dan segudang hal-hal yang susah dan harus dihafal kan? Hahaha, biologi gak seperti itu kok ternyata..

Setelah satu semester di sini, ternyata banyak banget yang ditawarkan dan boleh kita ambil daripada hal-hal yang tadi gue sebutin. Biologi itu kan ilmu yang mempelajari mahkluk hidup, dan mahkluk hidup gak terbatas kepada binatang dan tumbuhan aja. Ada mahkluk yang saking kecilnya gak keliatan dengan mata telanjang, ada unit terkecil penyusun mahkluk hidup yang namanya sel, dan bahkan kita juga sampai mempelajari bagaimana kehidupan ini bekerja dengan semua sistemnya yang berbeda satu sama lain di dalamnya. Jadi, singkatnya, cuma di biologi kita bisa mengupas rahasia kehidupan. 

Biologi itu kan ilmu yang multidisipliner ya, yang artinya ilmu biologi gak bisa berdiri sendiri tanpa bantuan dari fondasi sains lain, yaitu matematika, fisika dan kimia. Jadi jangan harap kamu berpisah dengan ketiga hal itu saat kamu masuk di sini :) Tapi apakah itu artinya biologi jadi susah?? Yaa, susah itu relatif. Selama kamu mau tau dan mau belajar, pasti bisa kok!

Di sini, kita gak dipaksa untuk belajar hal-hal yang kita gak sukai, malahan, kita didorong untuk explore hal-hal baru dan mempelajari hal yang kita suka karena di sini kita boleh pilih berbagai macam mata kuliah pilihan :)

Apakah biologi adalah jurusan rendahan? Well, kalau menurutmu mempelajari SEMUA materi kedokteran dalam satu semester adalah rendahan, ya terserah kamu :) Perbedaan mendasar antara biologis dan dokter adalah, dokter menerapkan ilmu-ilmu biologi dengan pendekatan intrapersonal, sementara biologis terus berinovasi dan mengembangkan ilmu-ilmu kehidupan yang mana ilmu kesehatan termasuk di dalamnya.

Lantas, apa prospek kerjanya? Apa cuma jadi dosen? Gak juga.. Banyak dari lulusan biologi, apalagi UI, bekerja di Rumah Sakit menjadi analis patofisiologis, jadi laboran, jadi forensik di kepolisian, jadi penasihat ekologis untuk perusahaan dan bahkan sering jadi safety control di berbagai perusahaan. Karena biologis multidisiplin dan bahkan simpang ilmu dengan kimia, fisika, matematika, kedokteran, farmasi dan bahkan geografi, kita bisa jadi apapun yang kita mau karena memang kita sungguh belajar semuanya :)

Tapi sekali lagi, hasil datang sesuai usaha. Untuk jadi semua yang sebutkan di atas, gak bisa menganggap remeh semua yang telah ditawarkan di sini. Buat saya, biologi tidak gampang apalagi gampangan, tapi mau gimana lagi, udah cinta sama kehidupan dan seluruh rahasia yang ada di dalamnya.

Sekian
Putra Mahanaim Tampubolon, Biologi UI 2015

No comments:

Post a Comment